Minggu, 24 Mei 2009

Media Penyimpanan 500 Gb berbasis Hologram


Hasrat untuk mendapatkan media penyimpanan yang super murah semakin terasa. Dulu masih teringat saya membeli UFD D-Link 128 Mb di Jogja harganya masih 350 Rb. Sampai sekarang alhamdulilah masih bisa. Sekarang UFD 2 Gb aja sudah bisa ditebus sekitar 60 ribuan. Nah baru-baru ini dikembangkan media penyimpanan baru oleh General Electric yang dapat dijual sekitar 10 sen per GB, dengan kapasitas setara dengan 100 DVD.

GE telah mengembangkan mikro-holographic disk, dimana konsepnya sama seperti ukuran CD, DVD dan Blu-ray discs. Jika dua dimensi permukaan Blu-ray dapat digunakan untuk dari 50GB, maka penyimpanan holographic menggunakan tiga dimensi untuk menyimpan data digital. Disk ini dapat menyimpan data 500GB dengan menggunakan sinar holographic ke pola padat pak tiga dimensi data.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan pada saat ini, para ahli industri sangat menaruh penuh harapan yang selanjutnya nanti dapat menjadi media penyimpanan super dengan biaya rendah untuk konsumen. Informasi yang baru saya dapatkan adalah bahwa player micro holographic nanti akan compatible untuk memutar CD, DVD dan Blu-ray discs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar