Minggu, 07 Juni 2009

Nintendo Wii, Bagian dari pelatihan militer

Nintendo salah satu console game sudah aku kenal sejak aku SD, atau kurang lebih 20 tahun yang lalu. Masih teringat dulu ketika aku memainkan Super Mario Bross - Luigi, sampai menungging-nungging, menyodok-nyodok stiknya agar si Mario melompat jauh... Jemari tangan sampai kapalan ketika memainkan Street Fighter, agar si Ryu atau Ken mengeluarkan combo Hyu-ri-ken.. Atau Pistol/gun sampai 'bedhol' ketika memainkan Duck Hunt... dan maaasih banyak lagi. Belum lagi console lain seperti SEGA, Super Nintendo (SNES), Gamebot, Gameboy, Ding-dong....Yach itu semua kenangan masa kecil.

Nah sekarang eranya console 64 bit (Nintendo Wii, Xbox, PS3) otomatis dari segi tampilan, kualitas suara, maupun kualitas permainan jauh lebih unggul dari consol-consol jadul yang masih 8 bitan. Salah satu materi permainan yang sangat menarik adalah jenis 3D simulator. Ternyata permainan semacam ini, mempunyai andil yang sangat besar dalam berbagai kehidupan, mulai dari kehidupan pribadi perorangan sampai pada kehidupan suatu organisasi.

misal : The Sims, yang menampilkan simulator kehidupan seseorang.
Flight Simulator, menampilakan tata cara operasional pesawat terbang
Drive Sims, menampilkan simulator tata cara berkendara mobil, dll

Nah ada beberapa game simulator yang cukup menarik, dimana ini dimainkan di console Nintendo Wii. Wii Fit namanya. simulator ini pada dasarnya adalah permainan olah raga namun dimainkan secara virtual, namun melibatkan player yang aktif. Contohnya Fit Tennis, maka player akan ikut juga menganyunkan stik consol layaknya mengayunkan raket seperti permainan tenis sesungguhnya. Di dalam program tersebut juga dapat disajikan perhitungan jumlah kalori yang dikeluarkan.

Keberadaan game simulasi virtual ini tidak diragukan lagi. Seperti yang dirilis The Huffington Post US, di Fort Campbell Kentucky, tenaga medis di ketentaraan dilatih menangani berbagai macam kasus dengan latar belakang peperangan 'nyata'. Situasi peperangan ini disimulasikan secara nyata oleh program Wii. Sehingga 'player' juga ikut merasakan suara desingan peluru, getaran ledakan bom, sampai pada rasanya terkena peluru. Wah keren juga ya.

Selain hal yang di atas, sebenarnya maskapai penerbangan juga menggunakan program simulasi 3D, baik untuk para pilot-copilotnya maupun pramugarinya, harapannya mereka akan lebih dari mendapatkan pengetahuan dasar, sehingga nantinya dapat meminimalisir kesalahan dalam pelaksanaannya di dunia nyata.

Nah, bagaimana dengan simulasi di dunia kesehatan yach...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar